Beberapa Cara Tecnoaiti Akan Mengubah Perbankan

Bank menginvestasikan miliyaran rupiah ke dalam technoaiti dalam rangka menerapkan digitalisasi hampir setiap aspek bisnis mereka supaya bisa kompetitif. Pertanyaannya adalah bisakah bank mengikuti perubahan terus menerus dari segala arah? Permintaan pelanggan bagi bank untuk lebih banyak memberikan layanan teknologi tinggi technoaiti , dan untuk mengkoneksikan rekening bank mereka, pada akhirnya dapat memaksa bank untuk mengatur keamanan dan mengesampingkan ketakutan kompetisi mereka.

Sementara itu, kecerdasan buatan dan dampak otomasi akan terus dirasakan di banyak perusahaan, meskipun regulator akan memiliki suara dalam langkah operasionalnya. Technoaiti yang telah didorong oleh regulator sebagai sarana memacu inovasi, mungkin harus bersiap untuk memikirkan masalah perlindungan konsumen dalam mengantidipasi kesalahan yang telah di buat. Berikut ini beberapa tren teknologi perbankan dan lainnya yang perlu diperhatikan pada tahun 2019.

Sifat Pekerjaan, dan Pekerja, Berubah
Bank-bank di negara maju sperti AS telah menjadi bank yang memiliki pusat keunggulan dalam penggunaan robot dan kecerdasan buatan untuk meringkas proses kerja dan membuat prosedur kerja yang lebih seragam. Bank akan mengotomatiskan pekerjaan di bagian apa saja mereka bisa, apalagi pekerjaan rutin seperti menghapus dan merubah data dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Penggunaan kecerdasan buatan dan robotika semakin tumbuh karena pihak perbankan menjadi lebih berpikiran terbuka tentang techno aiti.

Kondisi ini akan merubah pekerjaan perbankan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja. Orang hanya akan dibutuhkan untuk mendesain dan melatih bot dan mesin kecerdasan buatan, melakukan uji sistem dan mengawasinya. Hanya mengelola karyawan yang melakukan pekerjaan itu. Menurut salah satu jurnal ada 960 daftar pekerjaan yang menggunakan kecerdasan buatan dan 105 untuk pekerjaan yang membutuhkan robot. Tentu saja akan semakin banyak pekerjaan-pekerjaan yang akan terlibat dalam proyek masa depan ini.

Konsensus Perbankan Terbuka Akan Mulai Muncul
Mengharapkan bank dan technoaiti yang dipercayai dapat mencapai pengaturan yang lebih luas lagi, yang membuat bank lebih percaya diri dalam mengamankan operasi seputar berbagi data dan inovasi pihak ketiga. Beberapa bank besar membuat grup bersama dengan kerangka kerja “Akses Data Terbuka Aman” yang telah terbentuk dengan dukungan dari berbagai pihak dapat membuat bank lebih nyaman dengan sistem perbankan terbuka.

Harapkan Showdown atas Standar Pembayaran yang Lebih Cepat
Bank akan selalu mengantisipasi perputaran bisnis yang semakin cepat, Pihak bank berharap bisnis yang semakin cepat dengan layanan yang nyaman dan cepat akan berakibat cepatnya pembayaran terhadap sertiap layanan bank yang diberikan.

Di Amerika Serikat sudah berdiri pihak ketiga yang menyediakan jasa kliring, Clearing House, perusahaan pembayaran yang dimiliki bersama oleh beberapa bank terbesar di negara itu, sudah mengoperasikan sistem yang dikenal sebagai Pembayaran Real-Time, atau RTP. Meskipun saat ini penggunaannya masih terbatas.

Inilah beberapa inovasi perbankan yang sudah atau akan digunakan dalam layanan perbankan tahun-tahun depan. Technoaiti akan mendukung setiap inovasi layanan perbankan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *